SEKILAS INFO
23-10-2020
  • 4 bulan yang lalu / Belajar di rumah diperpanjang hingga 11 Juli 2020 dalam rangka memutus rantai penyebaran virus Covid-19. Stay Calm, Stay Cool, Stay at Home and Be Smart.!!!
11
Agu 2017
0
5 Tips Memilih Mata Pelajaran Pilihan UNBK

Jika Usaha Kalian Luar Biasa – Hasilnya Pun Akan Luar Biasa
Jika Usaha Kalian Biasa Saja – Hasilnya Pun Akan Biasa Saja

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMA/MA/SMK sejak tahun pelajaran 2016/2017 hanya terdiri dari 4 (empat) matapelajaran yang diujikan. Sebelumnya UNBK mengujikan 6 (enam) matapelajaran yaitu 3 matapelajaran umum dan 3 matapelajaran jurusan. Pada tahun ini matapelajaran yang diujikan dalam UNBK hanya terdiri dari 4 (empat) matapelajaran saja. 3 (tiga) mapel wajib dan 1 (satu) mapel pilihan jurusan.

Pada satuan pendidikan tingkat SMA misalnya, untuk jurusan Ilmu Pengetahuan alam (IPA) mapel yang diujikan adalah Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan 1 (mapel) pilihan jurusan (Biologi, Fisika, Kimia). Sedangkan mapel pilihan jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) adalah Ekonomi, Geografi, dan Sosiologi.

Sebenarnya dengan adanya matapelajaran pilihan pada UNBK telah mengurangi beban belajar peserta didik dalam menghadapi Ujian Nasional. Namun peserta didik juga perlu pertimbangan yang matang dalam menentukan matapelajaran pilihan UNBK yang akan diujikan nanti.

Saran bijak dan tepat sangat dibutuhkan oleh peserta didik untuk menentukan matapelajaran pilihan mana yang harus dipilih saat UNBK nanti. Berikut tips yang dapat kami bagikan sebagai gambaran agar tidak menyesal disaat mengerjakan soal UNBK matapelajaran pilihan.

5 Tips Memilih Matapelajaran Pilihan UNBK

1. Perhatikan minat dan kemampuan – Perhatikan dan rasakan suara hati kalian akan minat dan kemampuan terhadap matapelajaran jurusan yang akan dipilih. Minat atau rasa suka saja tidak cukup untuk menghadapi soal-soal UNBK nantinya. Selain minat juga harus didukung dengan kemampuan yang mumpuni. Sebagai contoh seorang siswa jurusan IPA sangat menyenangi pelajaran Fisika dan didukung kemampuan menghapal dan berhitungnya sangat baik dengan bukti nilai-nilai ulangan Fisikanya selalu memuaskan.

2. Teliti dan amati nilai – Matapelajaran yang disukai atau diminati belum tentu memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan matapelajaran yang lainnya. Perhatikan nilai hasil ulangan harian kalian selama ini dan nilai rapor semester 1 (satu) sampai dengan 5 (lima), bandingkan nilai-nilai diantara mapel jurusan yang ditempuh (IPA: Biologi, Fisika, Kimia dan IPS: Ekonomi, Geografi dan Sosiologi). Jika ada mapel lain yang memiliki nilai lebih tinggi namun kurang diminati itu bisa dijadikan pertimbangan kalian. Mungkin kemampuan siswa pada mapel tersebut melebihi kemampuan pada mapel yang lebih disenangi. Kalian harus yakin ya!!

3. Minta rekomendasi Guru mapel dan Guru BK – Keraguan itu pasti akan menghampiri siswa pada saat menentukan matapelajaran pilihan UNBK. Ketidakyakinan akan mengganggu keputusan yang harus segera kalian ambil. Nah, dalam hal ini siswa dapat meminta saran, pendapat atau rekomendasi dari Guru mapel kalian. Coba tanyakan pada Guru mapel masing-masing mapel jurusan, karena yang dapat melihat dan menilai diri kita adalah orang lain. Jika perlu minta juga rekomendasi Guru BK yang notabene sudah banyak makan garam memahami problematika siswa.

4. Sholat Istikharoh – Kalian sebagai seorang muslim tentunya sudah sepatutnya melakukan sholat istikharoh jika berada dalam kebingungan dalam menentukan pilihan. “Pilihan Kita Belum Tentu Baik Tapi Pilihan Allah Pasti Baik“. Jangan lupa mohon bantuan doa dan restu orang tua sebelum melaksanakan sholat istikharoh. Bagi yang beragama selain Islam bisa melakukan hal ini sesuai keyakinan masing-masing.

5. Jangan ikut-ikutan – Ini nih penyakitnya anak muda jaman sekarang. Suka ikut-ikutan. Memang tidak dapat dipungkiri, bahwa kebanyakan siswa itu masih ikut-ikutan teman dalam menentukan pilihannya. Untuk menghindari ini lakukan 4 (empat) tips memilih matapelaran pilihan UNBK di atas. Dan JANGAN pernah menanyakan pada teman “KAMU PILIH APA?”. Dengan kalian bertanya, maka akan terbuka alasan-alasan pemilihannya yang bagi teman kalian gak ada masalah, namun akan bermasalah nantinya bagi kalian jika tergiur rayuan teman. Jika perlu katakan RAHASIA jika ditanya teman “Kamu Milih Apa?”.

Itulah 5 Tips memilih matapelajarn pilihan UNBK yang bisa kami bagikan kepada kalian. Jangan lupa setelah selesai menentukan pilihan matapelajaran pilihan UNBK, kalian fokuskan belajar lebih banyak pada matapelajaran tersebut dan 3 (tiga) mapel umum UN tentunya.

Sekedar info saja nih buat kalian. Tahun lalu disalah satu SMA di Kabupaten Jember, mayoritas siswanya untuk jurusan IPA memilih mapel Biologi dan IPS memilih mapel Sosiologi.

Banyak siswa yang menyatakan kenapa memilih dua mapel tersebut. Alasan yang paling banyak muncul adalah siswa menghindari soal hitung-hitungan. Nah ini nih yang bisa bikin kesalahan fatal. Oke, kalian memang mau menghidari soal hitung-hitungan, tapi apa bener kalian memiliki kemampuan menghapal yang sangat baik. Menghapal materi biologi dari kelas X, XI dan XII? atau menghapal materi Sosiologi dari kelas X, XI dan XII?

Tau gak kalian gimana hasilnya? Eh alih-alih milih mapel Biologi, ternyata gak kuat menghapal materinya yang seabrek. Uh tau gitu aku milih Kimia yang cuma ngapalin rumus-rumus. Yang pasti-pasti aja ya…

Nah, ternyata tips di atas banyak diadopsi oleh sekolah-sekolah untuk menentukan mapel pilihan UNBK bagi peserta didiknya ditambahi dengan melakukan Try Out. Tujuannya adalah agar peserta didik tidak asal-asalan memilih mapel pilihan UNBK.

Doa kami sukses selalu buat kalian sekalian dalam menjalani rangkaian Ujian Nasional tahun ini. Semangat dan giatlah belajar!!!

Penulis : Sobi Mardiyas, S.Kom, S.Pd
Editor : Arif N. Hidayah

Informasi Smapa
Informasi Smapa