SEKILAS INFO
06-10-2022
  • 1 minggu yang lalu / KTS – Kegiatan Tengah Semester Ganjil 2022/2023 tanggal 3 s.d 7 Oktober 2022
18
Jan 2022
0
Gerakan Literasi Sekolah (GLS) SMAN 4 Jember 2022

Hai sobat Smapa, masih ingat kan dengan program GLS (Gerakan Literasi Sekolah) yang diprogramkan oleh pemerintah. Nah, selama pandemi Covid-19 ini program GLS tersebut sedikit banyak terlupakan.

Memang sih penerapannya kebanyakan difasilitasi oleh sekolah yaitu dengan adanya program literasi di sekolah. Selama pandemi Covid-19 program tersebut macet total karena sobat harus belajar dari rumah kan.

Perlu sobat ketahui keterampilan membaca berperan penting dalam kehidupan kita karena pengetahuan terutama diperoleh melalui membaca. Keterampilan ini harus dikuasai peserta didik dengan baik sejak dini. Mengutip data dari Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2019, setidaknya angka melek aksara penduduk Indonesia di rentang usia 15 hingga 24 tahun yang meliputi membaca, menulis dan berhitung mencapai angka 99,76 persen, atau hanya sekitar 0,24 persen yang masih buta aksara.

Keberhasilan pemerintah dalam meningkatkan angka melek aksara nyatanya belum sebanding dengan tingkat aktivitas literasi yang seharusnya.

Data Penelitian Pemeringkatan Literasi melalui Indeks Literasi Nasional oleh Kemendikbud yang menghasilkan Indeks Alibaca (Angka Literasi Membaca) Indonesia yang dikeluarkan di tahun 2019 menunjukan hasil bahwa dari 34 provinsi di Indonesia, terdapat sembilan provinsi (26%) masuk dalam kategori aktivitas liteasi sedang; 24 provinsi (71%) masuk kategori rendah; dan satu provinsi (3%) masuk kategori sangat rendah dimana artinya, tidak ada satupun provinsi di Indonesia yang masuk kategori aktivitas literasi tinggi.

Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa peserta didik Indonesia sudah mampu membaca namun masih mengalami buta huruf fungsional; mereka mampu membaca namun tidak dapat menangkap pesan dari apa yang sudah mereka baca, mereka masih kesulitan dalam memahami konteks wacana dengan tepat terhadap teks yang mereka baca dan masih kesulitan dalam menjawab pertanyaan berdasarkan informasi dalam teks.

Oke sobat, karena saat ini sudah mulai masuk sekolah tatap muka dengan ketentuan yang sudah diatur oleh pemerintah maka sekolah menggalakkan kembali program literasi, hal ini telah disampaikan oleh Humas SMAN 4 Jember Abdul Halim.

Halim menjelaskan bahwa Program GLS dimulai hari Senin, 24 Januari 2022 pada jam ke-10 yaitu pukul 10.40 sampai dengan 12.00 WIB sesuai dengan jadwal, dan akan berlaku seterusnya pada setiap hari Senin.

Untuk pandual GLS sobat bisa baca-baca pada link berikut ini : Panduan GLS SMA Edisi Revisi 2020.

Jadi, siap-siap kembali untuk literasi ya sobat, biar tambah pinter,tambah cerdas dan luas wawasannya.

4.8 6 votes
Article Rating
The following two tabs change content below.
Selagi diberi kesempatan untuk menuntut ilmu maka lakukanlah. Talk Less Do More, klo gak ngerti artinya sedikit bicara banyak bekerja.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Tanya Admin
Tanya Admin