Senin, 02 Agu 2021
  • Dalam Perbaikan

4 Jalur PPDB 2020 yang Perlu Dipahami Orang Tua Siswa

Smapa Jember – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2020 baru akan dibuka sekitar bulan Juli nanti. Namun kami sarankan para orang tua sudah mempersiapkan diri dengan bekal pengetahuan tentang bagaimana nantinya PPDB 2020 tingkat SD, SMP, SMA dan SMK akan dilaksanakan.

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 44 Tahun 2019 tentang PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU PADA TAMAN KANAK-KANAK, SEKOLAH DASAR, SEKOLAH MENENGAH PERTAMA, SEKOLAH MENENGAH ATAS, DAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN kami akan berbagi informasi mengenai jalur pendaftaran PPDB 2020.

Permendikbud Nomor 44 Tahun 2019 sendiri telah ditandatangani oleh Mendikbud Nadiem A. Makarim tertanggal 10 Desember 2019 di Jakarta.

Adapun jalur pendaftaran PPDB 2020 tingkat TK, SD, SMP, SMA dan SMK yang tertuang dalam Bab II Pasal 10 adalah sebagai berikut :

(1) Pendaftaran PPDB dilaksanakan melalui jalur sebagai
berikut:
a. zonasi;
b. afirmasi;
c. perpindahan tugas orang tua/wali; dan/atau
d. prestasi.

(2) Jalur zonasi sebagaimana dimaksud dengan ayat (1) huruf a paling sedikit 50% (lima puluh persen) dari daya tampung Sekolah.

(3) Jalur afirmasi sebagaimana dimaksud dengan ayat (1) huruf b paling sedikit 15% (lima belas persen) dari daya tampung Sekolah.

(4) Jalur perpindahan tugas orang tua/wali sebagaimana dimaksud dengan ayat (1) huruf c paling banyak 5% (lima persen) dari daya tampung Sekolah.

(5) Dalam hal masih terdapat sisa kuota dari pelaksanaan ayat (2), ayat (3), dan ayat (4), Pemerintah Daerah dapat membuka jalur prestasi sebagaimana dimaksud ayat (1) huruf d.

Kemudian ditekankan pada pasal 15 bahwa jalur prestasi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 11 ayat (5) tidak berlaku untuk jalur pendaftaran calon peserta didik baru pada TK dan kelas 1 (satu) SD.

0 0 votes
Article Rating
The following two tabs change content below.
Selagi diberi kesempatan untuk menuntut ilmu maka lakukanlah. Talk Less Do More, klo gak ngerti artinya sedikit bicara banyak bekerja.

Post Terkait

0 Komentar

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
KELUAR