Info Sekolah
Sabtu, 20 Apr 2024
  • School Based Art and Entrepreneurship - Sekolah Berbasis Seni dan Kewirausahaan
  • School Based Art and Entrepreneurship - Sekolah Berbasis Seni dan Kewirausahaan

Taukah Kamu Inilah 6 Keutamaan Sedekah

Terbit : Minggu, 29 Mei 2022

Sobat Smapa Jember, sedekah dalam ajaran Islam merupakan salah satu yang diajarkan oleh Muhammad Rasulullah SAW. Sesungguhnya sedekah secara rahasia itu bisa meredam murka Allah tabaroka wa ta’ala.

Dalam sebahagian harta yang Sobat dapatkan terdapat sedekah yang harus disampaikan kepada para fakir miskin dan kaum duafa. Pada sedekahlah terdapat dua hubungan yang dapat dicapai yaitu Habbluminallah dan Habbluminannas. Allah sangat mencintai orang-orang yang bersedah, dan karena sedekahlah orang lain dapat teringankan kehidupannya. Maka hal itu dapat mempererat hubungan dengan Allah, juga akan mempererat hubungan dengan sesama manusia.

Berikut adalah enam keutamaan bersedekah yang dapat mimin sampaikan melalui tulisan sederhana ini:

Pertama, bagi orang yang bersedekah akan memperoleh naungan dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala pada hari kiamat.

Tau gak Sobat, ada tujuh golongan orang yang akan diberi naungan oleh Allah pada hari ketika tak adal lagi naungan, kecuali naunganNya. Di antaranya, adalah seorang laki-laki yang bersedekah dengan sembunyi-sembunyi.

Kedua, memadamkan kemurkaan Allah Subhananahu Wa Ta’ala. Sebagaimana hadist yang diriwayatkan oleh at-Thabarani dalam al-Kabir Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya sedekah secara rahasia bisa meredam murka Allah tabaroka wa ta’ala.”

Ketiga, meningkatkan rasa empati sosial loh Sobat, Menurut Nisa, konsep sedekah secara esensi yaitu memberikan apa yang kita punya, baik materiil maupun non-materiil, untuk orang yang lebih membutuhkan. Perilaku bersedah mensyaratkan adanya sesuatu yang bisa diberikan dan juga siapa yang diberi.

Bagi orang yang bersedekah semata-mata untuk membantu meringankan beban orang lain, akan melatih sikap peduli terhadap sesama serta peka terhadap lingkungan, terutama dalam hal masalah-masalah sosial.

Keempat, terhindar dari nilai materialisme. Kenyataannya khusus untuk sedekah dengan harta, membuat seseorang harus berani mengurangi apa yang dimiliki untuk kebaikan orang lain. Hal ini bertujuan agar kita tidak menjadi orang yang gila terhadap harta, sehingga tidak rela hartanya diberikan secara cuma-cuma kepada orang lain yang membutuhkan.

Dengan kebiasaan bersedekah kita akan terhindar dari nilai-nilai materialisme ya Sobat.

Kelima, dengan bersedekah Sobat akan mendapatkan keberkahan pada harta. Sabda Rasulullah dalam hadist riwayat muslim bahwa harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Serta seorang hamba yang pemaaf, pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya.

Keenam, orang yang bersedekah akan mendapatkan pahala Allah secara berlipat ganda seperti yang disampaikan Allah dalam surat Al-Hadid ayat 18 yang artinya “Sesungguhnya orang yang, baik laki-laki maupun perempuan, dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat gandakan (pahala) kepada mereka. Bagi mereka pahala yang banyak.”

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Info Sekolah

SMA Negeri 4 JEMBER

NPSN 20523826
Jl. Hayam Wuruk No. 145. Jember
TELEPON 0331-421819
EMAIL admin@sman4jember.sch.id
WHATSAPP +6281231936689